TIPS SOLVE INSOMNIA

Standar

Sering kali anda merasa sulit sekali tidur, bisa disebabkan karena berbagai hal, diantaranya adalah berbagai masalah yang tengah menimpa anda, pekerjaan yang mengharuskan anda melek semalaman dan tidur selama siang hari, atau bisa juga gara-gara kebiasaan nonton sepak bola karena kan di Negara ter marnis ini yaitu Indonesia, tayangan pertandingan bola mancanegara biasa ditayangkan lepas tengah malam.

Mari kita cari tahu insomnia itu apa, insomnia adalah kebiasaan yang menjadikan sulitnya mata terpejam atau tidur, gangguan ini merupakan bad habbit atau kebiasan buruk, dikarenakan tubuh memerlukan istirahat semua organnya setelah beraktivitas, insomnia juga ditandai dengan terganggunya polysomnograpic/Polisomnografi (PSG) dari bahasa Yunanai : Akar yaitu sejenis kegiatan penelitian terhadap aktivitas tidur seseorang, ialah tes terhadap multi parametril yang digunakan dalam pembelajaran dan sebagai media diagnotik didalam ilmu kedokteran, teknik PSG ini yaitu dengan merekam secara komprehensif terhadap perubahan biophysiological selama seseorang tertidur, adapun yang diawasi oleh kegiatan PSG saat tidur yaitu :

–          fungsi tubuh terutama otak (EEG),

–          Gerakan Mata (EOG(

–          Gerakan otot rangka (EMG)

–          Irama jantung (EKG)

Sekitar tahun 2001 saya adalah pengidap insomnia akut-bahkan tidur bisa dilakukan hanya jika jam dinding sudah menunjukkan jam 5 subuh, saya baru menguap dan mata baru merasa ingin tertidur, namun dari tahun 2002 sampai sekarang saya tidak lagi mengidap “penyakit kalong”, efeknya pada tubuh saya saat itu, badan merasa tidak bersemangat, lelah, mata lelah karena malam diganti menjadi siang, malas beraktivitas dan merasa suka sakit kepala bagian belakang.

Insomnia diderita disemua usia, bahkan bagi orang tua yang sudah banyak masalah atau juga karena konsumsi obat-obatan insomnia bisa dibedakan menjadi insomnia jangka pendek (jika kamu sampai tiga minggu tidak bisa tidur berkualitas), dan insomnia jangka panjang (3-4 ,minggu__ini sudah akut banget, berbahaya),

Sekarang bagi anda yang sulit tidur atau insomnia tidak usah khawatir lagi, aku mau berbagi pengalaman, tahun 2001 aku bisa menghabiskan 5 cangkir kopi hitam semalam sekarang aku termasuk bukan penyuka kopi lagi dan tidak suka mengkonsumsi lagi, entah kenapa rasanya jadi ga seenak dulu, bagi teman-teman saya yang mengidap kebiasaan yang sama dulu pil tidur adalah teman setia, tapi itu tindakan yang salah dan pilihan yang keliru menurut saya, sejak teman saya mengkonsumsi obat tidur (maaf obat insomnia tepatnya) terus menerus malam memicu dia tidak tidur karena ketergantungan obat insomnia

Obat yang sudah saya lakukan untuk membunuh si insomnia (penyakit aneh dari planet entah berantah) adalah:

–          Download instrument music (bisa klasik lebih baik) putar sebelum tidur 10 menit sebelum

–          Putar ngaji atau ayat al-quran

–          jangan terlalu keras suaranya

–          Jauhkan dari kegiatan monoton seperti menonton tv hingga lewat batas

–          Membatasi jam terjaga (missal jam 10 malam harus sudah tidur—disimplin waktu)

–          Minumlah air putih 3 gelas sebelum jam tidur

–          Bagi yang muslim (kegiatan yang saya lakukan) menarik nafas 5 kali sambil istigfar dan menghembuskannya

–          Olah raga yang cukup ringan dengan lari atau jogging-itu akan membantu lancarnya peredaran darah

–          Menghindari minuman bercafein dan beralkohol (tidak ada alas an)

–          Menghindari rokok (pasif atau aktif)

–          Makan dengan porsi cukup tidak banyak sebelum tidur

–          Tidur siang tidak terlalu lama

–          Ini yang mungkin sebagian dari anda yang tidak tahu obatnya—anda tahu buah ceri warnanya merah sebesar kelereng bulat kecil, suka dijadikan manisan buah ceri untuk topping es krim atau kue ulang tahun—sejak 2001 hingga sekarang saya suka ngemil buah ini dan efeknya lain kalau dulu saya sulit tidur sekarang saya penyuka tidur (aduhh ampun deh) apa ada efek dari buah ini, kenyataannya emang demikian.

–          Mengkonsumsi ikan, ikan laut terutama- sebelum tahun 2001 saya termasuk anak yang tidak sering atau jarang memakan ikan walaupun saya hidup dilingkungan yang termasuk dekat wilayah laut, tapi emang tidak suka mau bilang apa—sejak 2001 saya usahakan suka, udang terutama.

–          Saya suka konsumsi bawang putih sebesar buku jari telunjuk  saya belum teliti juga apakah ada pengaruhnya terhadap insomnia saya dulu dari bawang putih ini, karena saya jujur saja tidak tahu kandungan yang ada didalam bawang putih korelasinya terhadap insomnia

–          Ada teman saya yang berhasil mengalahkan sijawara insomnia itu dengan meditasi atau yoga di daerah yang viewnya bagus indah,elok pegunungan gitu-dia berhasil sekarang jadi tidur melulu, cenderung sulit dibangunkan tuh-serius.

 

Itu beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan-ini sudah dibuktikan oleh saya sendiri, boleh copy paste—buat share ke orang lain.

2 thoughts on “TIPS SOLVE INSOMNIA

mana komentarnya

