TIPS MENGATASI KEBOTAKAN

Standar

Bagi anda yang sedang mengalami kebotakan jangan tertipu dengan obat-obat penumbuh rambut yang sudah dikemas secara kimiawi, saya sarankan lebih baik memilih dari obat-obat herbal,

 Botak bisa disebabkan berbagai hal : Berfikir keras yang berakibat stress, kurang tidur, menggunakan obat-obat penyubur rambut, menggunakan pewarna rambut dan obat-obatan kimiawi lainnya yang digunakan untuk rambut,  rambut sering tertutup sehingga sulit bernafas, faktor keturunan (Sindrom Androgenetika alopecia), hormon yang tidak seimbang, ketombe, kekurangan vitamin B dan zat besi pada tubuh, akibat penyakit,  kemotraphi.

 

Dampak dari kebotakan:

Bagi pria mungkin ini hal biasa dan banyak yang mungkin memiliki mitos botak adalah pintar, seperti para professor, namun sekarang tidak lagi, kebotakan baik pada crown [mahkota] dan vertex [ubun-ubun] adalah keminderan bagi yang mengalaminya, survey membuktikan 9 dari 10 orang pria merasa ingin menumbuhkan rambut yang mengalami kebotakan karena mereka minder, terutama pria yang lajang. Kebotakan bagi kaum wanita adalah zombie (mengerikan) karena rambut  wanita identik dengan mahkota pemiliknya.

 

Obat yang bisa dijadikan rujukan untuk mengatasi kebotakan, antara lain:

MINYAK KEMIRI

Sudah sejak zaman dahulu kala, warisan nenek moyang minyak kemiri sering digunakan untuk penumbuh rambut,

Caranya:

Tumbuh kemiri hingga halus dari kemiri yang diambil secukupnya dan dicuci bersih, tambahkan air secukupnya, dan kemudian rebus hingga mengeluarkan minyak,

Oleskan pada area kebotakan hingga rata, setelah agak kering lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu, catatan minyak yang dioleskan dalam keadaan dingin

 AIR TEH KENTAL

Selama semalam diamkan air the kental dalam gelas, keesokan harinya gunakan pada kulit kepala  oleskan dan pijat-pijat, merata dan biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih, lakukan dalam seminggu 3 kali.

DAUN  8 MACAM

Obat ini harus sedikit usaha, karena bahanya bisa saja jarang didapat, terdiri dari 1 kuntum bunga mawar warna apa saja, 10 kuntum bunga melati, 1 lembar daun pandan muda, 5 lembar daun mangkokan muda, segenggam daun urang-aring dan 10 lembar daun waru muda. Kemudian cuci bahan-bahan diatas, dan kemudian potong-potong dan Rajang, masukkan dalam panci stainless, tambahkan ½ cangkir minyak kelapa (minya keletik), dan ½ minya wijen, panaskan hingga mendidih kemudian dinginkan dan saring kedalam wadah yang bersih.

Pada kepala yang mengalami kebotakan oleskan ramuan diatas, kemudian pijit-pihit lakukan pada malam hari, esok harinya cuci bersih rambut, bisa dilakukan dalam 2 sampai 3 kali seminggu.

DAUN PARE (PARIA)

Ambil segenggam daun pare, cucilah hingga bersih, kemudian haluskan dan peras kedalam wadah yang bersih, gunakan airnya untuk keramas dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas hingga bersih, lakukan rutinitas ini 2 kali dalam seminggu.

LIDAH BUAYA ( Aloe barbadensis Milleer)

Lidah buaya sekarang sudah bisa didapat di super marker, atau ditanam tumbuh disekitar mita, ambil lidah buaya kemudian kupas daun warna hijaunya, dan  ambil dalamnya yang berwarna bening seperti jeli. Gosoklah kepala yang botak, sampai merata, biarkan beberapa jam biasanya suka terasa gatal ada juga yang tidak merasa gatal, kemudian bilas hingga bersih, 3 kali seminggu rutin anda lakukan.

SELEDRI (Apium graveolens L)

Seledri adalah tumbuhan sayuran yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan untuk pengobatan kebotakan, ambilan seledri beserta tangkai secukupnya, dicuci bersih, lalu haluskan, pakailah oleskan dikepala dan dipijat-pijat lakukan tiap hari, berhati-hatilah ada orang yang alergi dengan seledri.

CABAI RAWIT 

Ambil cabai rawit secukupnya 10 buah,  kemudian rendam Cabai rawit  dengan alkohol 75 % selama 14 hari, kemudian airnya dioleskan pada kulit kepala, dan bilas kemudian dengan air,  Lakukan setiap hari, pemakaian yang baik untuk menghasilkan hasil yang sempurna gunakan 2 kali sehari.

JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Swingle)

Jeruk nipis ini merupakan tumbuhan perdu, rasanya asam agak pahit, ambilah 1 buah jeruk nipis peras airnya, oleskan air jeruk nipis tersebut pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, oleskan juga kuning telur ayam pada kulit kepala hingga merata. Kepala yang sudah diolesi dibalut dengan handuk selama semalam. Keesokan harinya keramas hingga bersih.gunakan secara teratur 2 kali sehari.

  • KULIT APEL

Apel merah atau apel hijau sama-sama memiliki vitamin dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, menumbuhkan rambut secara sempurna, apel mengandung polifenol dapat mengurangi masalah kerontokan rambut, haluskan kulit apel, dan maskerkan pada rambut yang mengalami kebotakan, lakukan 15 menit sampai 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

KUNING TELUR AYAM (AYAM KAMPUNG ATAU AYAM NEGERI)

Telur diambil kuningnya, dan maskerkan pada kepala yang mengalami kebotakan, pijat-pijat 10 sampai 15 menit, lalu cuci bersih, gunakan shampoo pencuci rambut, gunakan proses ini 3-4 kali seminggu

 

Demikian beberapa tips obat  yang saya rangkum dari berbagai sumber dan telah dilakukan dengan survey, semoga memberikan manfaat bagi penggunanya.

9 thoughts on “TIPS MENGATASI KEBOTAKAN

mana komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s