STRESS PEMICU SAKIT

Standar

SAKIT kepala kedengarannya sepele. Tetapi jika sudah terserang sakit kepala, aktivitas sehari-hari tentu bisa terganggu. Lantas apa sebenarnya penyebab dari sakit kepala yang Anda alami?

Ada banyak hal yang mampu memicu sakit kepala. Beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak akan Anda duga. Simak pemicu sakit kepala tak terduga selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

1. Liburan

Bekerja tanpa henti sepanjang hari dan tiba-tiba menikmati liburan menyenangkan di akhir pekan terkadang bisa menyebabkan kepala menjadi sakit. Kenapa bisa begitu?

Ternyata ketika rileks, ketegangan menurun dan membuat tubuh melepaskan senyawa kimia tertentu dalam sistem saraf. Senyawa tersebut mengirimkan pesan ke pembuluh darah dan memicu produksi kimia lain yang membuat kepala terasa nyeri akibat penyempitan dan pelebaran yang terlalu cepat.

2. Aroma

Terkadang, aroma parfum orang di sebelah Anda cukup mengganggu sehingga membuat kepala menjadi sakit. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap bau yang kuat. Sebab aroma itu merangsang sistem saraf dan mengirim sinyal pada otak sehingga membuat kepala menjadi sakit.

3. Aksesori rambut

Rambut yang dikepang memang membuat penampilan wanita tampak berbeda dan cantik. Tetapi ikatan yang terlalu kencang justru memberi rasa sakit tak terduga pada kepala.

Ikatan yang terlalu kencang membuat jaringan pada kulit kepala tertekan dan memicu sakit kepala. Jadi lebih baik ikat rambut dengan longgar atau biarkan terurai apa adanya.

4. Marah

Saat marah, otot pada bagian leher belakang dan kulit kepala ternyata mengalami kontraksi. Sehingga muncullah rasa sakit pada kepala yang tak tertahankan. Untuk itu, sebaiknya Anda jangan jadi orang yang mudah marah jika tidak ingin mengalami sakit pada kepala.

5. Stres

Stres adalah salah satu penyebab umum dari sakit kepala. Bahkan beberapa orang mengalami migrain jika terlalu sering stres.

Ketika stres, otot di sekitar leher dan pundak menjadi kaku. Aliran darah di daerah itu pun terganggu sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada kepala.

6. Kurang tidur

Tidur penting bagi tubuh untuk mengistirahatkan seluruh organ. Tidur juga dibutuhkan demi menjaga kesehatan jaringan dan sistem otak. Namun jika pola tidur terganggu, tubuh akan merasa lelah. Rasa lelah berlebihan akhirnya memicu sakit kepala.

7. Perubahan hormon

Menjadi wanita memang cukup merepotkan. Sebab selain mengalami nyeri di bagian perut ketika datang bulan, terkadang mereka juga menderita sakit kepala.

Sakit kepala ketika datang bulan terjadi akibat perubahan hormon. Estrogen menurun drastis sebelum menstruasi, sehingga mempengaruhi kadar serotonin dan memicu sakit kepala.

8. Melewatkan makan

Tahukah Anda, kelaparan akut juga membuat kepala menjadi sakit. Pasalnya melewatkan makan mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Asupan oksigen melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk otak, pun berkurang. Makanya jangan pernah melewatkan makan jika tidak ingin sakit kepala.

9. Merokok

Bukan cuma perokok aktif, perokok pasif pun juga bisa terserang sakit kepala. Kenapa begitu? Rupanya kandungan nikotin dalam rokok membuat pembuluh darah dalam otak menyempit. Sehingga kepala menjadi sakit dan aktivitas pun terganggu.

10. Cahaya terang

Terakhir, cahaya yang terlalu terang juga merupakan salah satu penyebab sakit kepala yang tak terduga. Hal ini dikarenakan cahaya yang terlalu terang memicu senyawa kimia tertentu dalam otak yang memicu sakit kepala.

Biasanya, matahari yang terlalu terik adalah jenis cahaya terang yang membuat kepala sakit. Jadi lindungi kepala dengan topi dan kacamata saat keluar rumah di siang hari yang panas

– See more at: http://atjehpost.com/read/2013/02/08/38869/18/18/10-pemicu-sakit-kepala-dadakan#sthash.isgUqIhO.dpuf

2 thoughts on “STRESS PEMICU SAKIT

mana komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s